Thursday, February 23, 2006

Lagi Kumat

Lagi kumat.

Bule-bule, atau Mat Soleh, emang jenis makhluk yang unik.
Pertama kali berurusan betulan ama jenis yang satu ini, adalah jenis Kroasia. Memang cuman didasarin sama satu sample, tapi waktu itu kesannya tuh orang agak sombong en agak pelit hahaha…
Ketemu lagi jenis-jenis baru di Bali, yang lumayan cakep2, yang keliaran dengan rambut gimbal, gak pake baju, nenteng2 surfboard atau naek motor. Jenis2 yang ini ramah, gue kaget pas ditegur sambil jalan, dan mereka jenis yang happy sekali, dengan muka kecoklatan dan bercetak singlet.
Atau orang Jerman, ini juga kasus khusus yang merasa terlalu tinggi untuk berbaur dengan orang Asia dan cuman kacak pinggang disudut, berharap didewa2in. Gih sono.
Muncul satu pendeta bule berbahasa Jawa, logatnya bagus bener lebih bagus dari bahasa Indo yang pelo di gue-gue. Udah itu dia menguasai segala sleng yang gak awam.
Ketemu di Melborne, adalah jenis favorit gue, pas lagi jaman2nya Bali dibomb dan ngeri dirasis-tin, ternyata mereka ramah dan baik banget. Terutama ibu2 yang ada di toko hotdog di pinggir jalan out of nowhere, jadi mengingatkan sama ibu2 gendut Lima Sekawan yang punya banyak makanan, dan rumah makannya amat sangat homy dan kentang gorengnya gendut-gendut.
Pas bego2nya mesen Subway, yang keriting dan njelimet, mereka nungguin dengan sabar, padahal kita udah panic kebiasaan tinggal di Sgp yang dibentak2.
Pas bengong dengan muka tolol ngeliatin map, tanpa dibantu mereka nyamperin dan nawarin bantuan. Sumpah, biarpun, ngerti kagak ngerti, kita manggut2 dan merasa berterima kasih banget.
Dan kadang2 gue sirik sama gaya hidup mereka, yang goler2an dirumput pake jas sambil baca novel dan makan siang.
Dan bule ganteng botak yang suruh kita diam2 aja pas kita bilang kita belom lunasin valet parking, padahal dianya recepsionis hotel.
Atau yang cerita tentang liburan dia di Bali dengan seru banget pas tau kita dari Indo.
Atau yang suka loncat dari jembatan highway di Goldcoast ke sungai gede buat fun. Tinggi gile, nyesel deh gak ikutan.
Sama yang ngasih sekantung makanan kangaroo gratis pas di zoo, bukan buat gue, buat kangaroo lho.
Atau bule2 yang tinggal di hutan2 peloksok Kalimantan Tengah, buat meneliti orang-orang utan.
Atau yang sekali liburan enam bulan, setengah taon kerja, setengah taon backpacking.
Sama yang pake dasi dengan gambar babi2an lagi posisi jorok pas big boss suruh pake dasi di kantor.
Atau teman yang bela2in ngunjungin Jakarta buat menengok temannya yang kehilangan kontak karena bangkrut, yang cerita dengan antusias soal novel Indo Saman, yang mana adalah kakek2 yang menulis dan menggambar sketsa perjalanan hidupnya.(Bagus lho!)

Whoa, kok gue jadi ngomongin bule, cuah cuih, cuman mau komentar kalo pengen juga bisa sebebas semerdeka begitu. Kata orang gue lagi pundung, mungkin PMS, mungkin cuman selon doang. Pengennya marah-marah melulu, dan kebetulan gue inget satu hal yang suka bikin gue sebel, adalah sopan santun orang Asia umumnya…
Namanya juga ngalor ngidul, istilahnya TCSS kalo disini, Talk Cock(?) Sing song..

Bukannya apa-apa, sopan santun tuh bagus, tapi jangan yang jenis terlalu makan hati. Kenapa-kenapa bilang gak apa-apa. Gak boleh ini itu, karena gak enak hati bilangnya boleh.
Demi tata karma.
Lhaaa… kalo emang keberatan bilang keberatan, daripada disimpan-simpan jadi panjang urusannya. Kalo emang kalo gak mau dipinjamin ini itu ya disimpan/kunci aja sekalian, jangan gak enak hati disimpan takut dikira gak kasih pinjam. Lhaaa…emang gak pengen pinjemin.
Giliran ditanya pasti ngomongnya B..b..b…b…..boleh koooook, eh, dibelakang ngedumel. Mendingan langsung semprot, “Gak boleh! Jidat loe!” Kan enak, jujur, kalo emang didendamin ya udah, lama2 orang lain juga ngerti karakter masing2. Misalnya, Eh, si itu orangnya rese. Gara2 jujur. Biarin.
Gue tahu emang susah nangkep maksud gue tanpa contoh abstrak, habis gue males soalnya contoh bakal melibatkan orang2 tertentu.
Dooooh… pokoknya basa-basi Asia itu ya…boneng boneng bikin gue gak habis pikir…
Sejauh ini sih gue udah berusaha jadi pelopor generasi rebellious di keluarga. Kagak ada yang namanya basa basi, ketawa tanpa maksud yang artinya semata2 buat sopan santun tapi niatannya sebaliknya.

Gitu deh.

Namanya juga kumat.

___________________________________________________________________________________

A friend of mine once sent me a post card with a picture of the entire planet Earth taken from space. On the back it said, "Wish you were here."
- Steven Wright

I don't care to belong to a club that accepts people like me as members.
- Groucho Marx

It's strange, isn't it. You stand in the middle of a library and go aaaaagghhhh' and everyone just stares at you. But you do the same thing on an aeroplane, and everyone joins in.
- Tommy Cooper

I am free of all prejudices. I hate everyone equally.
- WC Fields.

When his life was ruined, his family killed, his farm destroyed, Job knelt down on the ground and yelled up to the heavens, "Why god? Why me?" and the thundering voice of God answered, "There's just something about you that pisses me off."
- Stephen King.