Thursday, June 01, 2006

Manusia Super

Dari sekian juta menit gue idup, baru kemaren gue dikasih label Super Indonesian. (Eh, iseng2 ngitung, gue udah idup sekitar 15,4 juta menit!). Yang ngasih label adalah temen Indo gue yang kebetulan nemu disini. Dia udah tinggal lebih dari sepuluh taon dan sedang siap2 untuk menjadi warga negara disini dan dia tidak ngerti kenapa gue milih enggak.
Kalau mau tau tentang jelek2nya Indo, tinggal nanya aja sama dia. Dari jalanan sampai cewek2nya ampe kadar laku passportnya, dia bisa bikinin segala ngumpat2nya.

Dia cerita kalo dia langganan dipalak dijalan, dimall, kalo dia selalu harus kabur tiap hari dari tawuran dimana sekolahnya jadi sasaran, kalo hidupnya gak tenang ampe akhirnya dia milih merantau disini. Temen2 laen juga sampe heran kenapa pengalaman hidup kita berdua bisa jauh berbeda. Emang banget Jakarta gak aman, monyet juga kalo disuruh ngider2 sebentar juga bakal tau, setiap ujung jalan kayaknya ada aja orang brengsek yang mau merusak suasana, tapi kayaknya gak separah yang dia ceritakan juga kalo tiada hari terlewat tanpa dipalak. Terpikir, dia aja kaliiii.
Atau mungkin gue gak sesial dia dulu, untungnya sial2 gue lebih banyak Untung gak gini, untung gak gitu, tapi gue gak nyangkal emang susah buat tenang2 jalan dijalan dan perasaan paranoid selalu ada terutama setelah kerusuhan. Gue inget gue bawa gas air mata dan bahkan senjata buatan sendiri, pentungan kayu yang dibungkus kertas. Gue mahasiswa, bawa kertas gambar toh? Kalau ada yang macam2, kertas gambarnya bisa dipake buat benjolin orang kalo perlu.

Memang kalo dipikir, dulu, gue sempat berasa restless hidup di Jakarta. Tiap minggu bolak balik Tangerang Depok dari terminal ke terminal, untungnya gue hoki perjalanan gue seringnya lancar2 saja, atau mungkin gara2 gue terlatih masang muka tanpa ekspresi, setengah ngantuk dan gue yakin, jelek banget. Sering gue duduk didepan monyet rese yang gak henti2nya mengeluarkan kata2 dari nanya2 tentang sekolah, nama ampe rayuan2 cap Bandot. Gue sering berhasil masang muka ajaib dan kuping budeg dari pertama naek angkot ampe turun, untungnya sih orangnya gak berani berbuat lebih jauh. Kuping budeg emang ampuh buat jalan2 di Jakarta sendirian. Gue juga jadi inget, minggu lalu, kejadian jarang didunia, ada dua bandot yang berani godain disini. Dari mencoba duduk di meja yang sama, ampe akhirnya cerewet aja dari jauh. Cuman yang antik, begitu diliatin, mereka jadi anak alim diam dan langsung jadi sopan. Asik juga, sekali teriak, mereka bisa masuk penjara. : ) Kalo di Indo, palingan cuman ngumpat2 sendiri, tapi bisa pake bahasa keren kalo niat ngatain orang, kayak Ndas mu....

Mungkin perbedaannya selaen mengalami hal buruk, gue juga banyak mengalami hal baik. Masih banyak orang yang baik tanpa memandang ras dan agama, masih banyak yang suka bercanda tentang semua hal, ya, bahkan tentang agama dan ras tanpa terlibat emosi. Gue gak bisa lupa begitu aja jaman2 naek gunung, waktu masih jadi mahasiswa nyasar kantong kering, tentang mushola yang memberikan gue sama kawan2 lusuh tempat menginap diterminal antar kota, atau satu keluarga yang menyerahkan tempat tidur utama mereka tanpa ragu2 biar gue sama satu temen cewek gue bisa tidur enak waktu kita minta ijin tidur diteras, atau penduduk desa tetangga kita yang ngantarin makanan tanpa diminta pas orangtua di luar kota.

Bulan kemaren di Sam Ratulangi aja, ada Bapak2 gahar yang jagain mesin Xray buat cek-in, giliran nanya dan dijawab pake bahasa Indonesia, dia langsung loncat, ketawa2 dan jadi ramah banget, begitu juga dengan beberapa orang laen yang dengan leganya ngomong, Ehh susah susah pake bahasa Inggris tentang orang Indonesia juga.

Emang simple, tapi gue rasa artinya dalem. Selama masih ada kesan tertinggal, mungkin rasa memiliki masih ada. Mungkin juga orang bisa bilang karena gue belom kena batunya, karena gue jauh gue kangen, karena gue gak ngerasain penat2 macet tiap hari atau siap celaka tiap saat. Mungkin juga, kenapa tidak, kalo gue sempet tinggal diJakarta lagi mungkin gue orang pertama yang sumpah serapah atau siap nukerin passport gue dengan kartu gaple atau bawa2 basoka dibungkus kertas koran. Tapi Jakarta kan juga bukan satu2nya tempat tinggal, masih ada 13666 pulau yang bisa dipilih. Yang pasti sekarang gue gak mau nukerin passport gue dengan urat leher tebal yang jadi bawaan stress orang2 sini, atau laut, ladang padi dan kebo yang cuman bisa diliat dari teve, biarin deh kalo gue dikatain manusia super. : )
Kan, cita2 gue emang jadi manusia super, Spiderwoman!

__________________________________________________________________________

Ninety percent of everything is crap.
- Theodore Sturgeon

I'll have that one, please.
- Herbert Beerbohm Tree - in a post office, pointing at a stamp in the middle of a sheet

The grass may be greener outside, but you still have to mow it.
(Forget Who)