Monday, May 29, 2006

Yogyakarta

Semalem baru tau tentang Yogya, gue masih pikir salah kali beritanya, soalnya cuman ngeliat sepotong kecil kabar ngintipnya dari hape pula, ampe akhirnya tadi pagi liat beritanya dikoran.

My pray goes to every soul and every family and every tears..

Indonesia tuh kasihan, udah miskin, sering kena bencana alam. Kalo dibilang, Indonesia itu duduk diatas kompor, diatas segala lempengan tektonik, vulkanik dsb. Segi positifnya Indonesia kaya akan segala sumber daya alam, tapi sayangnya yang memanfaatkan banyak bukan orang Indo, tapi orang2 asing yang berduit yang mampu menanamkan modal dan mempekerjakan buruh2 murah lokal.

Menyedihkan, banget, padahal kalo diurus baik2, mustinya Indo punya segala modal buat jadi negara makmur dan kaya, biarin 200 juta penduduk (ini statistic jaman gue masih di Indo?) mustinya gak masalah kalo yang ngurusin bener, bukan kampret kunyuk tukang2 korupsi yang gendutin perut buncit sendiri.
Kalo Indo jadi Negara kaya, mustinya segala teknologi paling cepat punya, jadi mereka tau kira2 kapan disaster akan datang. Emang disaster buatan alam gak bisa diramal, tapi resikonya bisa dikurangin. Dan manusianya bisa dididik sehingga mereka punya standar hidup lebih tinggi, lebih aman dan punya tempat tinggal yang layak kalo mengungsi. Manusianya lebih tau kalo jangan sampai menimbulkan tanah longsor, membom terumbu karang, untuk mencegah natural disaster yang gak natural.
Seandainya Indo kaya, lebih banyak dokter yang bisa membantu, pemerintah bisa membantu dengan sepenuh hati, gak korup soal sumbangan demi keperluan minum susu anaknya, kapan lagi? Semuanya merasa benar, semuanya berasa tragis.

Manusia seharusnya bukan cuman statistik.



For all sad words of tongue and pen, the saddest are these, 'It might have been.'
-John Greenleaf Whittier