Friday, January 20, 2006

Ceritaan Imlekan

Bentar lagi Imlekan. Abis itu kagak ada libur lagi ampe April. Tadinya pengen pulang, tapi akhirnya gak djadieeeee’ karena banyak sebab…

Udah lama juga gak ngerasain Imlek. Tempoe doeloe kala, di Pontianak, tiap malam Imlek kita bakalan ngumpul2 buat makan, kerennya disebut Reunion Dinner. Itu satu2nya saat makan dimana kita gak harus makan pake nasi, hehehhehhe. Jadi lauk doang buanyuakkkkk... Habis itu, gue kebagian cuci piring atau beres-beres. Anak2 cowok (sexist!) pada maen. Trus pake piyama baru, gaun tidur yang kembang2 dan renda2 en maen mercon di dek ampe tuh gaun ternyata ada bolongnya. Mercon dan kembang api ada macem2 jenisnya, ada yang kecil kayak cabe rawit tapi kenceng bunyinya, bisa direnteng bareng juga. Kalo kembang api ada yang begitu disundut, langsung Jreng Jreng trus muncul tujuh warna aneka rupa, atau ada yang loncat. Gue juga punya ‘petasan’ gatek, yaitu gulungan kertas merah yang ada dot2 mesiunya, mustinya itu buat pelor pistol, tapi tetangga gue ada yang getok2in pake palu dot2 mesiunya biar bunyi, murah meriah dan berguna buat yang cemen. :)

Hari pertama Imlek, bokap selalu punya tradisi nyalain satu renteng mercon gede didepan rumah. Habis itu halaman jadi warna warni kertas merah putih. Kita dilarang maen mercon jenis itu, soalnya katanya si Budi manaaa gitu tangannya copot gara2 maen mercon gede (biasaaalah Urban Legend). Tapi gituan emang bahaya. Hari pertama Imlek ditaon manaaa gitu atap rumah yang dari bahan sirap doang gue sempat terbakar gara2 mercon nyasar loncat, udah itu kita gak tau, sehingga tante tetangga gue manjat ke balkon kita dan padamin sendiri. Jagoan tuh orang, pake baju baru lagi, habis itu ngomel2 dan baru diam setelah kita kasih kue.

Pake baju baru, dan karena menurut kepercayaan, hari pertama gak boleh pegang barang yang tajem2 atau melakukan kegiatan bersih2 (asik deh :)), jadi kita semua jago mutusin label baju pake gigi susu. Udah itu pake iket rambut, gue inget banget, yang dari bulu2 warna warni diuntel-untel, trus genit2nya anak kecil, anting2, gelang dan kalung plastik pun jadi. Karena gue dulu kecilnya centil, makanya gak bersisa pas gede. Adik2 cowok gue biarpun beda dua tahun, gedenya sama, jadi suka didandanin kembar, kalo engko gue udah mulai puber dan lagi jelek-jeleknya.

Habis pake baju baru seperti biasa kita jalan ke rumah oma opa, semuanya serba dekat. Trus dapet angpau, kue tentunya, dan ketemu semua sepupu2. Rame banget kita semua manjat2 dan maen2 atau nonton Google Five. Yeahh... trus naek beca (yang ini agak jauh) ke rumah oma2an. Gua ampe sekarang gak jelas apa hubungan keluarga yang ini ama keluarga gue, kayaknya dia sodara opa gitu. Naek beca, dulu muat berenam, dua disamping (tempat lengan), dua dipangkuan bonyok. Karena engko gue udah jelek, maka satu becak bertiga, abis itu naek beca lagi ke kelenteng. Kelenteng ini tempat gue meresmikan ‘kepuberan’, puber buat tradisi Chinese adalah umur 15 taon, pake baju semerah mungkin, sembahyang dan pulang bawa kue. Selaen itu gak ada bedanya, loe masih aja dijewer kalo ngelawan.

Habis kunjung mengunjung, giliran kita yang dapet kunjungan. Tiap tahun, angpau gue selalu paling dikit, teorinya gini, engko gue anak sulung, jadi jumlah duitnya dikasih banyakan, trus adik2 gue masih kecil, jadi kuantiti angpau mereka lebih banyak. Buat sodara yang punya dua atau satu anak doang, mereka gak mau rugi, jadi mereka juga cuman ngasih angpau ke anak2 terkecil doang. Khusus Imlek, kita boleh cegat tukang balon (dan beli tentunya). Pagi2 balonnya masih nempel diceiling, siang2 udah ditengah ruangan, sore2 heliumnya abis dan udah terkapar dilantai. Besoknya udah keriput dan ditendang2 kesana kemari atau ditiup lagi. Satu pelajaran, habis niup, balonnya gue peluk dan gue makan jeruk. Akhirnya buaaaaaaaaaar, meledak depan jidat gue. Jangan Makan Jeruk Sambil Meluk Balon. Gak apa-apa, cuman kagetnya culun abis.

Hari kedua, menerima kunjungan dari sodara2 yang gak begitu kenal yang angpaunya gak gitu gede, dan ngunjungi tetangga, koleksi kacang mede. Kadang2 bokap suka pergi ngajakin gue doang, cuman tetangga2, herannya cuman ngasih kacang mede dibungkus pake tissue, padahal itu kan kesempatan gue buat dapet angpau. Disalah satu rumah, kita ketemu anjing Jepang yang mirip sama anjing gue, jadi kita bikin rencana jodohan. Rumah tetangga ini kelihatan dari dek rumah gue (benernya gue bisa ngeliat semua rumah hehhehe), jadi gue suka ngajak anjing gue ke dek buat dia ngeliat calon cowoknya.
Hari ketiga, cowok2 yang naksir mulai berdatangan (Su-er gak boong) mereka gak berani nginjakin kaki kalo bukan alasan Imlek. Siang2nya, sama rombongan best friend cewek2 pergi nonton, Imlek juga satu2nya saat gimana gue boleh nonton bioskop sama teman atau maen bom-bom car, maenan favorit. :)

Hari keempat, biasanya udah gak pake baju baru, tapi baju lama dari taon2 lalu. Biasanya hari keempat juga banyak asiknya. Dulu, kita pernah naek kapal nyebrang ke manaaaa gitu buat ngunjungin sodara jauh. Tempatnya asik ditepi laut dan kita makan steamboat.
Atau hari keempat di taon kapan, anjing gue kawin. Jadi kita tinggal dirumah tetangga setengah hari, begitu kelar tetangga gue tereak ke dek “Weiii, aping! Pengantennya udah bisa dijemput tuhhhh!”
Akhirnya gue mampir dan gendong si penganten pulang (soalnya dia menolak digandeng, masih betah), gue inget banget sepanjang jalan disorakin. ‘Penganten!’ ‘Penganten’ Ngelewatin rentengan rumah tetangga yang banyak orang nangkring dihalaman, udah kayak pagar betis atau ayu aja. Maklum, kota kecil, anjing kawin aja heboh. Tapi kalo dinget2, asik banget, semua kenal satu sama laen.
Beberapa bulan kemudian gue dapet 4 anak anjing terlucu didunia. Seperti biasa, nama2nya gak keren, benernya, bener2 gak keren, bayangin : Boni (ini laen ama Boni yang gue pernah ceritain), Tini (dan gue gak protes), Popi dan Boni Kecil. Benernya Boni Kecil namanya bukan Boni, tapi Lucu (haa....lebih gak kreatif), tapi karena Boni dikasih orang, dia gantiin jadi Boni lagi. Duh, njelimet.

Sebelom gue ngelantur, antara hari Kelima ampe Cap Go Meh, suka ada Barongsai mampir kerumah. Kadang2 anak2 tetangga yang maen, cowok2 jahil. Tapi apapun bentuk Barongsai, gue ngeriiiiii. Denger musiknya aja gue langsung kabur ke loteng. Ampe sekarang No Way, No Way, gue mau deket2 banget ama barang jejingkrakan gitu, Barongsai, Ondel2, Chiki dan segala sodara sepupunya. Padahal nyokap udah bela2in minta kumis si Barongsai buat dibikin gelang, biar gue gak takut lagi, tapi percuma. Bukannya takut sih, tapi yiiiii, tapi mendingan gue ngadepin Barongsai daripada badut. Tuh makhluk nyeringai yang gak lucu, muka paling serem di dunia, (agak) lebih serem dari Teletubies. Pernah liat filemnya Stephen King yang ada Badut psiko gak?

Cap Go Meh, saatnya maen lentera. Maen lentera, cuman terjadi pas masih kecil, jadi keliling blok bawa lentera sama nyanyi2, nanti dikasih angpau/permen, kayak Haloween atau Natalan gethooooo.

Udah deh, Imlek kelar... orang tua menghembuskan napas lega. Kue2 udah bukan barang yang bisa didapat tanpa usaha (keras). Baju2 udah balik belel, dan angpau dititipin ke bonyok. Libur abis, mercon abis, kembali sekolah dan nunggu 350 hari lagi.

Hiks...kok jadi kangen... :”(
HUAAAAAAAAAAAAAAAAAA......

__________________________________________________________________________________

Who, being loved, is poor?
- Oscar Wilde

Never raise your hands to your kids. It leaves your groin unprotected.
- Red Buttons

Small change can often be found under seat cushions.
- Unknown

When I was younger, I could remember anything,
Whether it had happened or not.

- Mark Twain

Never know what I think about something until I read what I've written on it.
- William Faulkner