Tuesday, July 03, 2007

Sepatu Orang Laen Susah Dipake

Ternyata (ternyata!) susah ya yang namanya ‘menempatkan diri di sepatu orang laen’ alias mencoba merasakan apa yang dialami orang tersebut sebelom menilai atau menghakimi.

Masalah popular orang-orang seumuran gue yang masih menggantung-gantung di jembatan sekitar Tiga Puluh rata2 nyaris2 sama, Kerjaan, Kawin dan Anak.

Gue banyak menemui kalo ternyata sekarang banyak konsep baru soal kawin, gak jauh2, dari kalangan orang2 yang gue kenal.

Kawin? Ogah.
Kenapa? Ada berbagai alasan.
Ada satu yang sangat gue setujui. Ngapain kawin kalo belom ketemu orang yang cocok, atau yang sesuai dengan apa yang kita dambakan?
Sering kali gue denger, sering banget malah, kalo ada orang yang bilang,” Udahh...loe aja yang terlalu pemilih. Gak usah terlalu cerewet..bla blah..”

Tapi kenapa gak boleh cerewet? Justru menurut gue aneh juga orang yang gak cerewet kalo milih pasangan. Tuh mahluk bakalan nongol di samping loe ampe bertahun-tahun kedepan, saweran nasi, bagi2 senyum dan air mata. Kalo orangnya gak cocok, kan penderitaan seumur hidup namanya toh! Apa salahnya hati2..tul gak..
Dari orang-orang, gue dapet banyak alasan, ada yang bilang mau nyari pasangan yang gak keberatan dia berbakti sama orang tua, ada pula yang bilang mau nyari pasangan yang enak diliat dsb dsb. Alasan2nya emang ada yang sangat masuk akal, ada pula yang bisa diperdebatkan. Tapi semua itu balik ke “Mau-mau gue..yang kawin gue...”

Ada pula yang bilang, kapok. Semua cewek yang gue ketemuin ngincernya duit gue doang. Mendingan gue membujang seumur-umur. Emang sih kasihan nih merek satu kalo gak ada yang bermutu dari dia selaen duit, atau mutu2 yang ada tertutup sama duit-duitan.
Ada pula cewek yang bilang semua cowok tengik. Tapi sejauh ini gue belom pernah ketemu cewek yang give up kawin atau berniat give up kawin, sejauh ini ketemunya cowok2 melulu, sebrengsek itukah kaum kita ampe disumpahin putus seumur-umuran? Hehehe...

Alasan laen, ada yang bilang, gak butuh, ngerepotin aja, nambah2in pikiran, atau punya cewek susah maintainnya, kudu nelpon, kudu ingat tanggal2 ajaib, kudu ngeraya-rayain hari2 gak jelas, pokoknya punya cewek menuntut semua energi jiwa dan raga dan pengennya dicurahkan buat membangun karir. Kalo yang kayak gitu, gue sih mikirnya belom kaliiii..belom kena cubit Cupid beneran, kalo udah kena, kata orang2, bulanpun diambilin, gunungpun didaki, lautpun disebrangi, jantungpun ditato..

Gue selalu setuju kalo kawin jangan buru-buru., daripada menyesal, kenalin dulu tuh calon, paling oke kalo temenen dulu. Banyak yang gak setuju sih soal temenan. Padahal kan dari temenan baru bisa ketauan jabrik2nya kan., kalo orang pendekatan kan keliatan bagus2nya doangan, jadi gak gitu ketauan kualitas bajakan atau asli. Cuman itu pendapat gue yang gak pernah nganggap serius orang yang bukan-temen-langsung-pendekatan dan gak percaya sama cinta pada pandangan pertama. Huhahahaha, jadi mungkin gak valid.
Itu kali, makanya susah untuk menempatkan diri pada sepatu orang laen. Tanya gue, Cinta pada pandangan pertama? Di- Dukun -in kali’’.....

Selaen repot2 soal kawin, soal anak, orang juga pada suka gak ngerti kenapa ada yang belom siap atau nunda dulu dsb dsb. Gua aja bisa, mereka aja bisa, itu yang sering gue denger. Ingat biological clock, Kawin, terusannya ya punya anak.. Bla bla bla..,
Untungnya didunia temen2 gue banyak yang ngerti soal Belom Siap. Apa sih yang susah dimengerti? Perasaan cuman dua kata. Tapi dua kata itu perlu penjelasan panjang lebar dan cuman orang yang bisa ngerti posisi yang bersangkutan yang bisa ngerti. Jadi sekarang gue males repot2 jelasin, percuma, frekwensinya laen, prinsipnya laen, sepatunya laen.

Soal yang rese, juga soal kerjaan. Gue paling pusing kalo orang mulai komentar soal kerjaan, kenapa gue harus stuck disini, dengan gaji segini, kenapa ini, kenapa itu. Satu hal udah jelas, visi dan misi kita beda, background and keinginan beda, level comfort dan ambisi beda. Apa yang elo kejar2 dan elo suka belom tentu gue suka toh? Kalo dulu gue ladenin demi sopan santun, sekarang gue mulai sebel. Kalo katanya bermaksud baek, kok maksa? Yang gue maksud disini tuh orang2 yang agak ekstrim, bukan yang sekedar berdebat sore-sore soal masa depan dan kerjaan, tapi ama orang yang menentu2kan shoulda coulda woulda nya gue dengan semangat yang gak ada matinya gak peduli interupsi dan gak mungkin ada pendapat yang bener selaen pendapat mereka.
Gak maen-maen, gue sebel dibikin berasa bego dan gak worth it dan gak berjuang dsb dsb. Gue pernah down berat gara2 dicekokin ‘filsafat’ gitu-gituan, trus gue mikir, usia segini (ceeehh) gue gak butuh orang yang bikin gue down, perasaan hidup itu udah cukup ribet. Gue butuh temen2 yang bisa bikin gue tertawa dan merasa senang hidup, mungkin udah saatnya gue milih-milih dikit kalo gue gak pengen deket2 orang yang bikin gue down, kasarnya, ngabish-ngabishin waktu gue aja, kalo mau pidato satu arah, ke lapangan sana. Ujan-ujanan.

Doooh. Lagi sakit pinggang neh. Malu-maluin aja banyak janji ama chiropractic. Kunjungan pertama, balik2 menjadi2, merambat ke lutut segala.., encok kali ya.. huh..

Malesh nyari quote, ini satu yang gue inget dari pilem :

“Please! Don’t eat me! I have wife and children.
Eat Them.”
- Homer Simpson