Friday, July 21, 2006

Kunyuk-kunyuk Kota

Kemaren gue sempat ngintip buku pelajaran anak SMU sederajat, sepertinya Matematika.
Emang dimasa rada2 tua ini kadang2 gue pengen sekolah lagi, atau mengingat-ngingat masa-masa sekolah yang indah-indah aja, bahkan disaat paling gila yang muncul sekali pas gue lagi jalan2 ditoko buku, gue hamper beli buku Matematika anak sekolah buat sekedar iseng2 dan ngetes berapa banyak sel otak gue yang udah mati, soalnya katanya, memasuki umur tertentu, tiap tahun berapa juta sel otak akan mati.
Begitu.

Ngeliat soal matematika anak itu, buset deh. Satu soal setengah halaman buku gede, dan pertanyaannya aja gue kagak ngerti. Mengenai probabilitas dan apaaaa gitu, dan satu soal aja beberapa hal yang harus dijawab, jenis yang, kalo jawaban pertama salah, yo weis. Udah itu banyak istilah2 aneh yang bahkan gue kagak tau kalo itu adalah sebuah kata.
Udah itu, menambah-nambah suasana tragis, tuh anak ketiduran dengan tangan megang pensil dan jidat hamper nabrak ke buku. Kacamata tutup botolnya menggantung dihidung dan bibirnya maju karena gravitasi (kan mukanya ngadep bawah).

Pas distasiun sentral, banyak banget orang pada turun. Tuh anak terlonjak kaget dan nengok kanan-kiri dengan panik. Dispeaker ada disebutin nama stasiun, tapi kayaknya dia gak denger, nengok keluar juga gak keliatan nama stasiun karena kita digerbong paling terakhir. Trus dia ngedumel dan ngomong kumur2 tapi mukanya gak ngadep gue, jadi gue gak bisa denger ngomong apa. Kayaknya sih ngedumel dia ada dimana. Gue mau kasih tau, bingung, karena dia gak nanya dan bahkan gak ada kayak tanda2 minta dikasih tau.

Benernya, gue bisa aja ngasih tau tanpa ragu2, cuman kelamaan tinggal disini, gue jadi males nyampurin urusan orang. Dan hubungan antar manusia disini udah bisa dibilang individual banget. Loe urus gundul loe dan gue urus jidat gue. Dulu, pas gue jalan dengan teman, kita melihat nenek2 dengan gerobak ngangkat banyak banget kardus bekas, trus kardusnya berjatuhan. Otomatis gue bergerak membantu, tapi temen gue sempat narik tangan gue, katanya, “Jangan, nanti kena kepret.”
Cuman waktu itu gue kasihan banget dan tetap gue bantuin, dan nenek2 itu senang banget. Gue ngerti apa yang dimaksud temen gue karena kita sama2 pernah nawarin bantuan ke orang yang jelas2 memerlukan, tapi sebagai balasan kita dikepret atau disalahin, terutama untuk kalangan yang agak tua yang ngomelnya aja kita gak ngerti bahasanya. Kena omelan nyelekit padahal maksud kita baek bisa banget membuat orang jadi kapok dan gak pedulian, dan gue juga kadang2 milih untuk menghindar.

Seperti dikereta kemaren, menyesal juga sih gue gak kasih tau. Sebodo amat kalo dia gak butuh. Yah gitu, saking gak peduliannya orang, mungkin mereka yang butuh juga malas minta atau malas nanya.
Pernah juga dikereta yang agak penuh tapi gak rame dengan beberapa orang berdiri, tiba-tiba GEDEBUM ada satu cewek jatuh pingsan dilantai. Jatuhnya gak mulus ala pake dengkul dulu atau gimana, tapi kejebrak begitu aja kayak pohon tumbang dengan ipod hancur berserakan dimana-mana. Gue yakin mustinya nih orang gak usah pingsan kalo dia berani minta tempat duduk. Tapi begitulah, dalam keadaan kayak dia dulu, gue juga milih keluar untuk duduk distasiun daripada daripada.

Gue pernah liat satu kakek dan satu encek2 jelek berantem di food court. Kalo berhasil menerjemahkan dari bahasa yang mereka pakai, kakek2 tukang beres2in piring itu dituduh kerjanya lambat dan gak beres ama orang jelek yang punya stall makanan. Cuman, rese banget! Orangnya jualan diujung sana, dan dia sengaja dateng ke ujung sini buat nyela-nyela sikakek. Udah itu si kakek itu rematik-an, udah tua banget dan lemah, gerak-geriknya juga udah lambat. Tapi dia masih dibentak-bentak, dan bentakannya itu benar2 jahat dan rese. Giliran ada orang laen yang ngebelain si kakek, dia juga kena dibentak-bentak. Cuman orang jelek ini nyalinya segede upil, sikakek yang udah sebel deketin dia (dengan gerakan lambat padahal) dan dianya menghindar dan tereak2 doang sambil menjauh, begitu juga kalo dideketin orang yang ngebelain (yang juga udah rada kakek2). Kalo didenger dari bahasanya yang sepotong2, tuh orang cuman ngulang2, jenis kampret yang paling nyebelin kalo diajak debat. Debat kosong gak intelek yang paling norak dan hebohlah yang menang. Dan saking sebalnya sikakek itu nekad deketin mungkin pengen geplak tuh orang.
Kan kasihan, kenapa sih tega aja nindas orang tua dan lemah gitu, padahal juga urusan sepela yang gak disengaja. Gue cuman nyumpahin dia kena karmanya dan kalo dia lewat meja gue baru bisa gue sengkat kakinya biar bacotnya yang rese cium lantai.

Gitu deh. Gitu deh.

__________________________________________________________________________________

When you lie down with dogs, you get up with fleas.
- Jean Harlow

I like long walks, especially when they are taken by people who annoy me.
- Noel Coward

Most fools think they are only ignorant.
- Benjamin Franklin

I don’t think I understand people very well. I only know whether I like or dislike them.
- Edward Morgan Foster

Life didn't promise to be wonderful.
- Teddy Pendergrass