Monday, November 13, 2006

Janji

Janji-janji memang suka menyesatkan. Kalo terlalu rajin mengobral, dibilangnya.. mengobral. Kalo terlalu pelit, dibilang sombong. Intinya, capek ati.

Dulu, gue suka bingung kalo diajakin kemana-mana sama anak Kapa. Soalnya, waktu itu gue juga termasuk anak berbakti pada orang tua yang pengen sering pulang ketemu bonyok, sodara-sodara dan doggy-doggy tercinta, udah itu gue juga harus mastiin membawa pulang hasil kuliah yang gak bikin jantungan orang tua dan gue sendiri.

Untung dan ruginya kegiatan Kapa itu, kita biasanya nyiapin jauh-jauh hari.

Untungnya : yah, jauh-jauh hari. Jadi banyak waktu buat nyiap-nyiapin, apa ya yang perlu disiapin? Misalnya sering2 lari pagi kalo mau naek gunung, biar ototnya gak jontor pas benerannya. Atau kudu pinjam barang2 yang diperlukan kalo gak punya.

Ruginya : Banyak juga. Kayak waktu itu udah senang2 rencana mau rafting, giliran udah deket, sungainya lagi kering.
Nah, karena jauh2 hari, susah buat gue buat janji kalo bisa pergi.

Makanya kalo ditanya, ikut yuk ini itu waktunya ini itu, gue gak bakalan jawab YA langsung deh, soalnya menurut gue kalo bilang ikut, mustinya harus ikut, dan pada waktu ditanya gue bingung dong gue benernya bisa ikut gak sih? Tugas2 banyak, presentasi sana sini, ujian sini situ, site visit ini itu, banyak yang gak bisa diprediksi begitu jauh.
Makanya gue suka bilang liat dulu. Cuman, kadang2 ada pula yang bilang, kok diajak apa-apa gak mau?
Cheee..., mungkin itu gara2 gue sering ngomongnya enggak tau dulu pertama2, makanya rekor tanggapan negatif gue banyak. Kalau gue pergi juga, gak dianulir tuh rekornya.

Terakhir-terakhir, gue sempat belajar jurus baru, bilang iya dulu, giliran gak bisa, baru ngasih alasan, atau sekalian bilang enggak. Setidaknya, jangan digantungin dulu deh, biar waktu berpikirnya bisa obyektif, gue mau milih yang mana, antara:

- Pulang ke rumah, berkumpul ama sodara-sodara yang bawel, melewati perjalanan minimal 8 jam pulang pergi Depok-Tangerang-Jakarta, makan debu dan menghadapi monyet2 genit bosan hidup dijalan?
+ Demi suasana kekeluargaan, makanan rumah dan channel Teve yang cuman diperebutkan diantara 4 monyet dibandingkan 30 monyet di kos-kosan?

- Ikut kegiatan Kapa, masuk rimba belantara, manggul 20 kilo, atau manjat2 kayak monyet di tebing, atau basah2an disungai butek, gak mandi beberapa hari dan berdesak-desakan ditenda dengan orang laen atau bahkan sleeping bag yang sama? (kadang2 ada resikonya punya sleeping bag gede dan temen yang ngaku kecil : ).
+ Demi suasana fun, crazy, and free? Dan cinta-cinta lokasi yang bikin hidup kuliah penuh dengan bumbu-bumbu manis pedes asam asin? : )

- Mengerjakan tugas kuliah atau belajar buat ujian?
- Demi masa depan? B*l* s*it.


Selaen janji-janji kayak gituan, gue juga paling bingung kalo berjanji sama orang yang gak gitu deket, jarang ketemu dan gak ada sama-samanya.
Gue liat orang sini setidaknya, kalo misah atau ketemu temen yang jarang2, ngomongnya Keep In Touch ya! Kedengerannya niat gitu, tapi herannya dua2nya gak pernah tukeran nomor telepon. Giliran gue tanya, bilangnya itu basa-basi, gak niat, tapi sama2 mau bersikap friendly. Hm, mungkin bener juga.

Suatu hari, pas lagi makan, gue gak sengaja ngeliatin orang yang ngeliatin gue. Setelah beberapa lama, gue berhasil inget namanya, trus kita chit chat bentar. Dia itu bekas temen kerja dikantor lama. Karena lagi bareng temen2 laen, kita juga saling berpesan ‘Keep in Touch’, cuman gue merasa berdosa juga, kok kayaknya BS banget ngomong gitu doang, jadi kita tukeran nomor telepon. Masalahnya, dia tuh bener2 gak deket, bahkan susah kalo mau dibilang temen. Kita cuman sempat ngobrol beberapa kalimat selama kerja bareng setahun. Dan taulah, kalo orang gak kenal ngobrolnya apa.

A: Tinggal dimana?
B: Disini.
A: Oh.
~ Diem ~
A: Gue punya temen tinggal deket situ.
B: Ohya? Bagian mana?
A: Disitu.
B: Oh.
~ Diem ~
A&B : Cuaca bagus ya..

Emang sih, banyak pula orang baru kenal yang ngobrolnya nyambung. Tapi sama yang ini, bener2 enggak. Makanya gue kaget juga ketika dia telpon besoknya dan besoknya lagi ngajakin kita makan malem bareng. Emang sih waktu itu kebetulan kita juga lagi gak sempet, cuman sebenarnya juga berasa bingung juga, kalo ketemu, mau ngapain? Apa dia sekedar respect janji buat keep in touch dan dia juga sebenarnya ogah?

Begitulah begitulah.
Senen - nguantuk beruat!

____________________________________________________________________________________

Personally I like short words and vulgar fractions.
- Sir Winston Churchill

If I Promise to miss you ... Will you go away?
- Anonymous

If people turn to look at you on the street, you are not well dressed.
- Beau Brummel

You know you're getting old when you stoop to tie your shoelaces and wonder what else you could do while you're down there.
- George Burns.

I slept like a log last night. I woke up in the fireplace.
- Tommy Cooper