Monday, June 22, 2009

Si Tukang Colek

Ad satu jenis kategori makhluk yang ampe sekarang gua belom terbiasa, sebenarnya dua, tapi biasanya orangnya sama. The Toucher and the Mr/Mrs Too Close. Udah lama gua mengenali ciri orang ini, terkadang mereka muncul dari sejak jama dahulu kala, terkadang mereka baru nongol setelah kenal lebih dekat.

The toucher itu jenis orang yang suka sekali memegang-megang. Bukan megang apa-apan yang gak sopan, ya kalo megang yang gak sopan mungkin ada alas an buat ditendang, digaplok, dikurung, beres kali. Tapi Toucher atau Si Tukang Colek ini yang suka nyentuh2, kilik2, colek2, segala jenis yang nyebelin! Paling gak tahan kalo ngobrol2 ditoel2 atau tau2 ditoel, arghhhh!! Ngapaen seeeh!?? Grrr…! Pokoknya gua gak ngerti apa perlunya dan gua sebal kalo harus berhadapan dengan orang demikian, terutama bila terjebak di keadaan yang gak memungkinkan gue untuk kabur, seperti dikelas, di meeting, makan..

Gue juga suka kaget kalo orang ngomong dengan jarak super dekat, yang tau2 mukanya langsung ditempelin deket ke muka elo. Wtf.. kalo budeg sih mungkin, tapi tetap aja..yang lebih serem yang nyodorin mukanya dari jauh dengan gerakan cepat. Pas ngajak ngobrol orang begini, rasanya seperti kejatuhan meteor, kalo belom tau. Gua pernah lagi duduk, ada rekan kerja nanyain soal computer. Gua jawab, ternyata gak jelas, jadinya tulang punggungnya seakan-akan tiba-tiba rusak, mukanya ke-katalput sampai tinggal beberapa inci dari muka gua dan nanyain lagi. Whoaaa!! Ibu-ibu sinting. Setidaknya kao udah tau gue bisa ancang2, begitu ngeliat tulang punggung udah mulai lentur, gua langsung ber paling ke arah laen atau merem. Yang lebih gak bisa ditebak adalah yang langsung duduk disebelah dan nyengir kuda tanpa disadari., giliran nengok..whoaaa, kutu kumpret! Trus pas ngejelasin sesuatu atau kerjaan, orang kudu skoliosis (p.s tulang punggung melenggak lenggok) karena pada dasarnya tuh orang bener2 udah ambil space pribadi. Ironinya, mereka itu jago ‘menjaga jarak’, jadi kalo loe menjauh, mereka bisa konsisten., jarak 30 senti itu 30 senti, segimanapun punggung loe udah rasanya mau putus karena berbelok ke kiri. Ugh..jelas kan maksud gua?

Entah kenapa, sepertinya temen2yang akhirnya menjadi teman beneran mayoritas bukan Pencolek atau Peng-terlalu dekat. Mungkin karena gua cenderung menghindari mereka, mungkin karena urat syaraf gue pendek dan bĂȘte banget kalo dicolek-colek. Ada juga teman dekat tapi Pencolek, akhirnya gue repot-repot ngasih tau. Gak gampang lho, ngasih tau sesuatu yang berupa kritikan. Berjuta-juta jiwa tidak suka menerima kritikan. Teman gua menerimanya dengan baik dan mengerti, untuk sehari. Besoknya dia mulai mulai lagi.

Yah, kalau mau adilnya sih, gua gak bisa nyalahin kebiasaan orang, siapa tau orang ogah temenan sama gua gara-gara gue gak pernah nyolek, hehehe… tapi sebagai pembelaan diri, liat-liat dong kalo nyolek orang yang gak suka dicolek! Nyebelin tau..apalagi kalo cowok. Pengen jotos rasanya kalo udah intensity tinggi. Mungkin ini sama aja dengan orang2 yang gak suka ciri tertentu di orang laen..mungkin ada yang suka teman tukang kentut, tukang cabut2 bulu atau apapun juga…

Masalah pencolekan bukan satu2nya yang bikin gua jarang punya teman dekat pencolek. Sepertinya personalitinya berbeda atau mungkin memang tidak ada jodoh berteman. Gua juga punya teman pencolek dan tabah yang sudah mengenal dan siap gua kepret tiap kali dia lupa. Itu buat teman. Buat stranger yang baru kenal, akan ada ‘jarak aman’. Lagian ngapain sih nyolek2??? Emangnya kita sabun??