Friday, August 25, 2006

Gue Kadang Mikir

Gue kadang mikir (kadang enggak), salah ngak sih orang bersantai-santai ria sementara semua orang empot2an mengejar rejeki. Kadang gue mikir juga (weee..lumayan banyak mikir ternyata) apa gue nya kurang ambisi, bukankah itu bagus. Ih, ambisius loe..itu kan kesannya negatif, berarti sebaliknya artinya…males?

Karena gue biasanya males manjelaskan maksud gue panjang lebar, atau gue udah jelasin tapi gak usaha bikin gampang dimengerti, maka gue pake contoh cerita yang pernah gue dapet, gue ubah2 dikit tentunya, eh kayaknya banyak deh, sesuka2 gue dan sejauh2 yang bisa gue inget aja..

Ada sebiji konglomerat lagi jalan2 dipantai, mumpung dia dapet cuti satu hari sepanjang sejarah dia kerja 10 tahun, trus dia duduk2 dan ngeliatin aja kesibukan di pelabuhan. Ada seorang bapak2 balik dengan perahu ikannya. Dia dapet cukup banyak ikan dan menjualnya dengan penghasilan lumayan, kemudian bapak2 itu mau pulang.

“Eh, kok pulang?Mau kemana?” Si Konglo kepo.
“Mau pulang biar bisa bersantai2 dan ongkang2,” jawab si Bapak.
“Lho ini masih siang-siang agak sore-sore, kenapa gak mencari ikan lagi?”
“Buat apa?”
“Lha biar dapet lebih banyak duit.”
“Trus buat apa?”
“Lama2 kan bisa beli kapal baru?”
“Habis itu?”
“Habis itu bisa gaji banyak karyawan baru, dapet lebih banyak ikan lagi, beli kapal lagi, akhirnya bisa bikin perusahaan perikanan.”
“Wow! Trus ngapain?”
“Trus diekpansi ke luar negeri lah, lama2 makin beken dan makin terkenal, jadi kaya raya.”
“Kalo udah kaya ngapain?”
“Ya, Bapak bisa bersantai-santai dan ongkang-ongkang....”

Gitu deh, cerita itu mustinya bisa gampang dimengerti dan ditangkap moral ceritanya yang kinclong-kinclong. Cerita gituan itu jadi alasan buat orang-orang males kayak gue. Bukannya gue males sih, gue ogah dibilang males, tapi gue suka takjub kenapa orang2 suka mendorong2 gue atau berkoar-koar untuk nyari duit, duit, duit, duit.

Selama ini gue kalo terima nasehat atau patatah petitih gue sortir berdasarkan bolong2 otak peduli apa kagak gue soal yang dianjurin, tentu saja berdasarkan logika dan pertimbangan. Semua nasehat biasanya ada baiknya, (kecuali yang berhubungan dengan tahayul atau tentang baik/buruknya sebuah agama), tapi sejauh orang2 yang gue peduli akan pendapatnya gak keberatan dengan cara hidup gue, ya sudah. Orang2 itu tentunya the other half, orang tua dan teman-teman. Terus terang aja nasehat dari sodara2 suka gue kacangin, karena menurut nyata menyata dari kehidupan, nasehat sodara2 kadang2 cuman sebagai pengisi suasana, basa-basi atau sekedar mempertahankan reputasi kecerewetan diri. Dari saudara kandung, kita jarang memberi nasehat, kita paling ngasih saran2 yang menjerumuskan, kalau beneran ngomong serius, kita hampir gak pernah bisa. So, kita hampir gak berguna satu sama lain. Hehehe...

So begitulah, gue kepikiran topik boring ginian (nah kan mikir lagi) gara2 ngeliat beberapa contoh disekitar gue. Ada yang membanting tulang dari muda agar bisa dinikmati pas tua, ternyata tuanya sakit2an dan semua tabungan habis untuk pengobatan.
Ada tetek bengek yang cocok : When you are young, you sacrifice your health to gain your wealth, when you are old, you spend your wealth to regain your health.
Ada juga yang nabung mati-matian karena enak berasa kaya, dan mencela-cela semua pengeluaran orang-orang, kecuali, pengeluaran dia sendiri, dan mustinya, bisa gue cela2, seperti ganti handphone tiap beberapa bulan, sementara kalo jalan2 gak ngajak anak istri demi mengirit biaya, reseee kan....

Penyakit lama gue kumat lagi, gue suka nulis sesuatu, ceritanya berisi moral2 tinggi tapi end up cuman pengen ngedumel dan males bikin kesimpulannya. So, simpulin sendiri aja...mustinya cukup jelas bagi segala nusa dan bangsa. Mikir dong. ;p

Gitu deh. Gitu deh.
Yayyyyy....It’s Friday!

____________________________________________________________________________

I have found some of the best reason I ever had for remaining at the bottom by looking at the men at the top.
- Frank More Colby

The lion and the calf shall lie down together but the calf won’t get much sleep.
Woody Allen

I’ve been teaching my dog to beg. Last night he came home with 20 dollars.
- Anonymous

To err is human.
To purr feline.

- Robert Byrne

Five days a week my body is a temple. The other two, it's an amusement park.

Gravity is a myth. The Earth sucks.