Friday, November 16, 2007

Singapore Zoo

Hari Minggu entah kapan, kita jalan2 ke zoo. Itulah akibatnya kalo males menulis, jadi kehilangan pegangan waktu.
Gue udah sering ke zoo ini, tapi udah agak lama sejak terakhir ke sono. Gue pernah diajakin kesono sekeluarga sama temen2 bokap sebagai turis dulu, ngajakin Hubby kesono, ngajakin sepupu gue kesono, ngajakin keluaraga Asung ke sono. Udah deh kayaknya. Sekarang ngajakin keluaraga adik gue kesono, biarpun pada prakteknya kita mencar juga karena gue ke gereja dulu. Ce e lah.

Sebenarnya dari zoo-zoo yang pernah gue kunjungin, Siangpore Zoo gue masukin sebagai paling bagus. Walapun banyak pengalaman unik di zoo lain juga. Waktu kecil, gue gak gitu inget kayak apa, zoo di Pontianak, kedengerannya kok butut ya, tapi gue inget ada beruangnya yang berdiri2 minta makan. Selaen itu gue cuman inget banyak pohon, tapi kayaknyaberuangnya itu tinggalnya di kandang beton, jadi bukan imitasi dari alam. Kebon Binatang Safari yang beken, kayaknya mendingan, tapi gue juga agak lupa soalnya udah lama, kayaknya singanya pada malas dan molor, trus perutnya kempes. Kayaknya sih konsepnya bagus, binatangnya boleh berkeliaran, tapi gue lupa. Kebon binatang di Balarat, Victoria merupakan tempat yang gue sukai. Kebon binatangnya kecil, waktu itu kita perginya udah satu jam sebelom tutup, jadi dikasih makanan kangguru gratis dua bungkus, bukan buat gue. Itu kayaknya kebun binatang khusus satwa Australi, jadi ada koala, emu, Tasmania dan tentunya kangguru. Kanggurunya berkeliaran bebas dan cuek. Cuma begitu gue keluarin makanannya, agak horror sih, satu2 mulai berloncatan dateng. Ngeliat kangguru loncat gludung2 ke arah loe, cukup serem lho! Dari segala arah dan tau2 mereka udah ngerubungin. Ini kangguru coklat. Ada yang narik2 celana ada yang berdiri, tapi pada sabar gue kasih2, pertama2 panik juga diantara mereka, ada kali 30-40 biji, tapi lama2 kayaknya makanannya kurang. Mereka lucu, ada yang kecil tapi berani, dia gaplok kangguru gedean yang mau nyolong makanan dia. Di Currumbin, Brisbane ada kebon bintang ada beken juga. Yang ada parakeet berkeliaran bebas, burung warna warni yang suka nangkring ditopi dan tangan dan bahu. Selaen itu ada pula kangguru bebas, kali ini kangguru abu2, mukanya lebih jutek.
Di entah namanya Taronga atau apa, Bangkok, zoonya ada gajahnya yang bisa ngangkat orang dengan sekali sentak. Tapi sayangnya sepertinya kurang binatangwi. Ada beruang madu yang minum susu berpotret bareng turis, tapi waktu beruangnya udah gak mau minum, tetap dipaksa. Kandang harimau juga salah satu pembatasnya dari kaca. Jadi harimaunya sebel dan galak. Mereka meraung2 waktu kitanya nempelin muka kekaca, apa karena kita lebih jelek dan gak berbulu..?

Jadi Singapore Zoo, mereka berusaha membuat semuanya alami. Walaupun bagaimanapun tetap imitasi, tapi gue bisa bilang mereka berusaha. Binatang2 bukan ditaruh dikandang, tapi di alam yang dibatasi parit. Ada aviary bebas buat serangga dan binatang2 lucu laen. Ada taman2 sayuran dan animal farm yang ada kuda poni dsb. Monyetnya juga banyak, banyak banget malah, berjenis2 dari hanuman monyet dufan yang jorok (dia garuk2 gituan didepan kaca) ampe monyet kecil mungil keriput yang berisik dan gibbon yang lebih berisik lagi. Gibbon tuh ternyata berisik lho! Ada pula orang utan yag pake kaen, hahahha!

Gue lagi malesn gubek2 fotonya, tapi begitu nemu, gue update deh dipost ini.

Ke zoo ini worth it, binatangnya banyak, dari berubu2 monyet ampe flamingo dan beruang kutub juga ada. Macan putih, timon dan pumba sampe lutung kasarung. Selaen itu ada pertunjukan2 tapi kemaren gak ngikutin soalnya gempor, capek dan puanuas..